Mudah Banget, Berikut Cara Main PS1 di Laptop

Cara Main PS1 di Laptop – Kini, bermain game menjadi salah satu kegiatan ringan yang menyenangkan. Sehingga banyak orang lebih memilih menghabiskan waktu libur dan senggangnya dengan bermain game. Terlebih lagi oleh mereka yang terobsesi dengan game PS1.

Nah kabar baiknya, bermain PS1 di masa kini bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan. Karena anda nggak harus punya Console dulu. Sebab sudah bisa bermain PS1 hanya dengan mengandalkan ponsel ataupun laptop. Untuk anda yang lebih suka bermain game dengan layar lebar, tentu akan lebih asyik dan suka memainkannya lewat laptop kan?

Meskipun bermain game PS1 sudah tergolong mudah, namun sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara main PS1 di laptop loh. Kalau anda termasuk ke dalam salah satu orang tersebut, anda wajib banget simak cara mudah berikut ini. 

Cara main PS1 di laptop

Untuk memainkan PS1, maka kali ini kita akan menggunakan emulator epsxe 2.0.5 ya. Yang mana, aplikasi satu ini memang dikonsep dan dikhususkan untuk para pengguna laptop saja. Jika ingin menggunakan emulator ini, maka laptop yang digunakan harus sudah memenuhi spesifikasi ya. 

Adapun spesifikasi laptop anda ialah harus menggunakan processor yang pentium II 500 MHz ke atas, kemudian grafisnya VGA Intel HD Graphics ke atas, memori di atas 1 GB, OS windows XP ke atas, dan juga terinstall direct 8 ke atas.  Apabila laptop anda memenuhi spesifikasi di atas, itu artinya anda bisa bermain game PS1 di laptop.

Namun kalau ternyata perangkat yang anda miliki justru di bawah spesifikasi di atas, maka anda akan mengalami kendala tentunya.

Atau bahkan, gamenya bisa saja nggak bisa dimainkan. Oke, sebelum kita ke cara main PS1 di laptop, anda meski mendownload epsxe emulatornya terlebih dahulu. Dan yag dibutuhkan adalah aplikasi tersebut, kemudian plugin, dan juga file bios. Oke, langsung simak caranya berikut. 

Baca Juga :  Download GTA (Grand Theft Auto) Versi V For PC

Buka aplikasi

Langkah pertama, download dulu aplikasinya, plugin, dan juga bios. Untuk memudahkan, anda bisa langsung mendownloadnya lewat https://drive.google.com/file/d/13F8CXaYf8rojFHd7ir-sYJxRoH_nDzZA/view atau bisa juga lewat https://mega.nz/file/aJMmDbYD#U4HCJYnxL3DnvRL1X5fAUGVrrUDB6HpdzkpAV0bz4KE. Ukurannya hanya 36 MB saja. 

Berikutnya, silahkan extrak filenya dengan menggunakan aplikasi winrar. Caranya adalah klik kanan saja, kemudian pilih extract here. 

Dengan demikian bakalan terlihat ada folder yang muncul, namanya adalah epsxe 2.0.5, dan anda bisa memindahkannya ke tempat yang anda inginkan. Dalam hal ini, kita anggap saja menyimpan file tersebut ke folder games yang ada di data E dalam hardisk. Selanjutnya, buka folder tadi, kemudian jalankan aplikasi epsxe nya.

Setting awal

Ketika sudah membuka aplikasi, maka selanjutnya adalah mensetting emulator. Hal ini supaya bisa dimainkan secara mulus, lancar, tanpa adanya kendala. Caranya, anda bisa mengklik config, dan pilih yang wizard guide.

Setelah itu akan muncul jendela baru, dan anda dapat mengklik tombol config, di bagian configuring the bios, silahkan pilih yang scph1001 – us, kemudian klik tombol next. Sementara untuk yang bagian configuring the video, silahkan pilih pete’s opengl2 driver 2.9 kemudian klik tombol next.

Yang bagian configuring the sound, anda dapat memilih yang epsxe psu core 2.0.0 lalu klik next. Lalu yang berikutnya adalah pada bagian configuring the cdrom, pilih yang epsxe cdr wnt/w2k core 2.0.0 dan klik next. Pada configuring the pad, klik next, dan lewati dahulu untuk yang bagian controllernya.

Lalu klik tulisan done. Settingan yang berikutnya, silahkan klik yang options, dan pilih cpu overclocking, pilih x1.  Kemudian lepaskan tanda centang yang ada di bagian subpixel precision, caranya adalah dengan mengklik options, dan pilih gte ha*ks, pilih subpixel precision.

Baca Juga :  Family Affair V.0.89 Ported Android New Version

Nah untuk yang pertama sudah kelar. Itu artinya, kita harus mengatur yang bagian grafis. Dengan tujuan, supaya videonya terlihat full HD, alias lebih jernih.

Pengaturan grafis video

Di bagian beranda aplikasi, anda dapat mengklik menu bar, dan klik yang config, pilih video. Di menu pengaturan grafis, anda dapat mengikuti step by step yang kami berikan ya. Yakni yang ada di situs beirut https://www.lingkarberita.com/44/cara-bermain-game-ps1-di-pc-laptop-menggunakan-emulator-epsxe.html

Pengaturan kontroler

Yang berikutnya, adalah dengan mengatur kontroler. Di bagian tampilan awal, silahkan pilih menu baru dan klik config, pilih gamepads, pilih port 1, dan pad 1.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Demikian sekilas tentang cara main PS di laptop yang bisa anda lakukan. Semoga membantu.