Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di HP Android – Salah satu permasalahan yang cukup sering dialami oleh para pengguna android adalah aplikasi yang tidak menanggapi perintah. Nggak usah khawatir, karena sebenarnya, ada kok cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di hp android yang bisa anda coba.

Dan pengetahun seperti ini merupakan pengetahuan basic, yang mungkin harus mulai diperhatikan dan diketahui oleh para pengguna android. Karena mungkin, suatu hari nanti anda akan mengalami permasalahan tersebut. Permasalahan model ini tentu sangat mengganggu dan menyebalkan.

Ia kan? Karena dapat menghambat berbagai kepentingan dan kebutuhan anda. Entah itu harus segera mengirimkan pesan ke orang lain, harus mengirimkan file pekerjaan, mengumpulkan tugas, dan yang lainnya deh.

Kalau sudah mempunyai pengetahuan seputar cara mengatasinya, maka anda dapat mengatasinya dengan mudah ketika menemukan kasus seperti itu. Oke, daripada penasaran, langsung saja simak cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di hp android yang bisa anda coba berikut ini. 

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di Android

Tahukah anda, bahwa sebenarnya, cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di hp android sendiri tergolong cukup mudah.

Jadi, nggak usah terburu buru membawa ponsel tersebut ke counter ya. Cukup atasi sendiri terlebih dahulu, kalau nggak berhasil, baru bawa ke counter. Kalau dibawa ke counter, anda meski mempersiapkan sejumlah uang sebagai bayaran jasa pihak teknisi ya.

Restart ponsel

Cara yang paling utama adalah dengan merestart ponsel anda. Ya, siapa yang mengira, kalau ternyata, dengan merestart ponsel, maka akan banyak hal hal menarik terjadi. Bahkan, sangat wajar kalau kemudian, merestart ponsel dapat disebut sebut sebagai pertolongan pertama ketika sebuah ponsel mengalami masalah.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Android Gratis Masa Kini

Termasuk ketika aplikasi pada perangkat tersebut nggak bisa digunakan. Dengan merestart ponsel, maka ponsel akan direfresh. Sistem yang bermasalah akan diperbaiki, sehingga membuat sistemnya kembali normal ketika hidup kembali. 

Hanya saja, cara yang satu ini, merupakan cara yang hanya pas digunakan untuk mengatasi permasalahan atau error yang masih terbilang ringan. 

Menghapus sampah aplikasi

Cara kedua yang mungkin bisa anda coba ialah dengan menghapus sampah aplikasi. Kegiatan seseorang di dalam ponsel terekam jelas loh, dan akan menghasilkan yang namanya cache, alias sampah. Sehingga, ketika anda menggunakan sebuah aplikasi dengan sangat intens, maka sampah yang dihasilkan akan semakin banyak.

Dan terus bertambah jika tidak dihapus. Sejauh ini, tampaknya masih banyak pengguna android yang tahu, bahwasanya menghapus sampah aplikasi pada perangkat mereka merupakan hal yang sangat perlu dilakukan. Karena pada dasarnya, sampah sampah yang menumpuk dapat membuat beberapa sistem bermasalah.

Termasuk membuat aplikasinya nggak bisa dibuka dan digunakan. Nah, cara menghapus sampahnya sendiri cukup mudah kok. Bahkan, anda nggak perlu menyediakan waktu selama setengah jam. Paling, cuma memakan waktu sekitar semenit atau dua menit.

Pertama, anda bisa langsung pergi ke menu pengaturan ponsel, dan masuk ke pengaturan aplikasi. Pilih aplikasi yang paling sering anda gunakan, dan aplikasi yang ingin sampah sampahnya dibersihkan. Klik pada aplikasi tersebut, dan pilih menu hapus cache.

Cara tersebut bisa dilakukan secara manual, alias satu persatu. Misalnya anda ingin menghapus cache aplikasinya secara otomatis, ada sih caranya. Hanya saja, anda meski menggunakan aplikasi pihak ketiga, alias aplikasi tambahan ya. Dan untuk saat ini, sudah banyak banget aplikasi yang bisa dicoba.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Edit Poster di HP Android Gratis

Kalau memang penyimpanan anda masih memungkinkan, sepertinya nggak ada salahnya kok buat menggunakan aplikasi model ini. Karena fitur yang ditawarkan tergolong cukup lengkap.

Mengupdate aplikasi

Cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di hp android yang berikutnya adalah dengan mengupdate aplikasi. Karena mungkin, aplikasinya nggak bisa dibuka dikarenakan versi aplikasinya masih yang lama. Padahal, sudah ada versi terbarunya.

Cara satu ini juga tergolong ampuh dalam mengatasi permasalahan tersebut loh. Mengapa demikian? Tentu saja, karena terdapat file yang corrupt atau hilang. Dengan mengupdate aplikasinya menjadi versi yang terbaru, tentu anda akan merasakan sensasi yang berbeda, dan dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan nyaman dan baik baik saja.

Yang mana, file yang corrupt atau hilang tersebut akan terganti. Cara mengupdate aplikasinya mudah kok. Tinggal pergi saja ke google play store, klik pada menu pencarian, masukkan nama aplikasi pada kolom tersebut, pilih hasil yang diinginkan, dan tinggal klik tombol update atau perbarui. Mudah kan? 

Paksa berhenti aplikasi

Untuk cara lainnya adalah dengan memaksa berhenti aplikasi. Sebenarnya, aplikasi yang dipaksa berhenti juga akan membuat anda seperti mengakses aplikasi yang baru loh. Bedanya, aplikasi ini masih seperti aplikasi sebelumnya. 

Cara membuat aplikasi agar berhenti ialah dengan pergi ke menu pengaturan pada ponsel, pilih yang pengaturan aplikasi, dan pilih aplikasi yang nggak bisa digunakan tadi. Klik aplikasi tersebut, dan ketika ada jendela muncul, cari tulisan paksa berhenti. Kalau ada jendela konfirmasi, tinggal klik yang tulisan ‘ya’. 

Install ulang aplikasi

Untuk menginstall ulang aplikasi, anda bisa menghapus atau mencopot pemasangan aplikasinya terlebih dahulu. Namun sebelumnya, pastikan bahwa semua data masuk atau informasi masuk aplikasi sudah anda backup ya. 

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

Kalau cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di hp android di atas masih juga belum berhasil, maka solusi terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan mengupdate sistem operasi ponsel.

Karena mungkin, masalahnya ada di sana. Untuk mengupdate sistem operasinya sendiri gampang kok. Demikian sekilas info dari kami. Semoga bermanfaat. Dan selamat mencoba.