Manfaat Usaha Perdagangan

Manfaat Usaha Perdagangan – Pernah mendengar istilah berdagang, atau perdagangan? Tentu, nyaris semua orang pernah mendengar istilah yang satu ini. Karena ia adalah istilah yang sangat familiar, dan dekat dengan kehidupan sehari hari setiap orang.

Nah, berdagang sendiri merupakan salah satu kegiatan yang selain menyenangkan, juga sebuah sunnah. Karena di zaman dahulu, Rasulullah dan para sahabatnya adalah para pedagang. Bahkan orang orang kaya di zaman dahulu melakukan proses perdagangan.

Menariknya, ada banyak manfaat usaha perdagangan ini.  Wajar sekali jika kemudian banyak orang orang masa kini yang mulai melirik dunia perdagangan. Ia kan?

Untuk di Indonesia sendiri, kita bisa melihat berbagai macam jenis barang yang didagangkan, atau diperjual belikan, mulai dari property, sembako, makanan, dan masih banyak yang lainnya.  Secara umum, perdagangan terbagi menjadi dua kategori.

Yang pertama adalah pedagang grosir yang beroperasi dalam rantai distribusi, yakni antara pedagang eceran dengan produsen, dan juga pedagang eceran, yakni menjual komoditas langsung ke konsumen. Yakni dengan jumlah yang satuan, alias sedikit demi sedikit.

Tentu, tujuan atau manfaat usaha perdagangan tidak lepas dari memenuhi kebutuhan yang tidak tersedia di sebuah daerah atau negara, dan mendapatkan keuntungan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembahasan sekilas mengenai manfaat usaha perdagangan.

Manfaat usaha perdagangan

Para artikel ini kita hanya akan membahas manfaat perdagangan bagi masyarakat umum. Karena pada dasarnya, manfaat ini juga bisa dirasakan dengan skala yang internasional loh. Maka dari itu, kita bahas yang umum saja. 

Menambah penghasilan

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa salah satu tujuan atau manfaat usaha perdagangan adalah menambah penghasilan. Karena dari barang yang dijual, seorang pedagang akan mengambil keuntungan yang sesuai dengan keinginan. Dalam artian, buka sesuka hati ya.

Baca Juga :  Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar SMK

Karena ketika seorang pedagang menetapkan harga, dan mengambil keuntungan terlalu besar juga akan berdampak buruk terhadap bisnis yang dijalankan. Sehingga, dalam pengambilan keputusan terkait dengan harga barang, seorang pedagang meski melakukannya secara cemat.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dihitung. Yang jelas, tidak boleh terlalu rendah dan terlalu mahal dari harga pasaran. Karena selain merusak harga pasar, hal tersebut juga akan mematikan pedagang lain. 

Memperbaiki ekonomi supaya menjadi lebih baik

Yang dimaksud dengan memperbaiki ekonomi di sini adalah ekonomi si pedagang dan pembeli tentunya. Karena biasanya, yang melakukan pembelian barang ke satu toko juga merupakan pedagang.

Misal, seorang pedagang gorengan, membeli barang barang pokok untuk membuat gorengannya pasti ke seorang pedagang juga kan? Begitupun seterusnya. Maka, kedua pihak akan merasa saling membutuhkan dan menguntungkan.

Membantu pembeli mendapatkan barang

Sementara manfaat usaha perdagangan adalah membantu pembeli mendapatkan barang yang dibutuhkan. Yes, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan prinsip dalam berdagang. Yakni, semakin dibutuhkan sebuah produk, maka akan semakin besar peminatnya.

Itu artinya, seorang pedagang akan selalu berusaha membantu para pembelinya untuk memperoleh barang yang dibutuhkan kan? Karena kalau barang yang dijual atas kemauan penjual, tanpa memperhatikan kebutuhan pasar atau pembeli, maka siap siap menerima dan mengalami kegagalan dalam usaha perdagangannya. 

Nah secara umum, mungkin tiga hal tersebut yang termasuk ke dalam manfaat usaha perdagangan ya. Gimana, tertarik untuk menjadi seorang pedagang?

Sebelum memulai usaha perdagangan ini, kami sarankan untuk belajar dahulu tentang banyak hal. Tentu, belajar tentang dunia perdagangan ya. Mulai dari pemilihan usaha apa yang akan dijalankan, bagaimana meminimalisir risiko, mengumpulkan modal, dan yang lainnya. Demikian, semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Memasang Iklan di Tengah Postingan Blog