Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar SMK

Rekomendasi Bisnis untuk Pelajar SMK – Merintis sebuah bisnis bukanlah perkara mudah. Namun jika sudah berjalan, ada banyak hal yang membuat anda bahagia. Tentu, kebahagiaan pertama adalah ketika sudah mendapatkan pelanggan.

Nah salah satu waktu yang tepat untuk memulai bisnis adalah saat duduk di bangku SMK, saat masih menjadi pelajar. Karena semakin cepat bisnis itu dimulai, semakin banyak kesempatan untuk mengembangkannya. Dan anda juga bisa belajar lebih banyak.

Kira kira, di usia  SMK, apa saja sih bisnis yang bisa dilakukan? Untuk anda yang tertarik, tapi masih bingung mau bisnis apa, bisa simak penjelasan berikut. 

Bisnis untuk pelajar SMK

Karena masih SMK, mungkin anda sempat berpikir bahwa sangat tidak mungkin mewujudkan mimpi tersebut. Hal ini bisa saja dikarenakan keterbatasan modal. Meskipun sebenarnya, ada kok bisnis bisnis yang dapat dijalankan dengan modal yang kecil. Dan kali ini, kami akan merekomendasikan bisnis untuk pelajar SMK yang modalnya super kecil. 

Jualan makanan

Jika di sekolah anda memberikan kebebasan kepada para siswa, maka anda harus bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berbisnis, yakni berjualan makanan. Dan anda meski bersyukur dan merasa beruntung. Karena tidak semua sekolah memberikan kesempatan dan kebolehan kepada para siswa mereka untuk berjualan loh.

Untuk makanan yang bisa dijual tentu sangat beragam ya. Agar makanannya tepat sasaran, maka anda perlu survey kecil kecilan. Misal, dengan memperhatikan pola jajan anak anak di sekolahan. Jenis apa yang dimakan oleh mereka, berapa budget yang dimiliki untuk jajan, dan yang lainnya.

Peluang menjual jajan atau makanan di sekolah ini sangat besar loh. Kalau saran kami, coba deh cari makanan yang lagi viral, tapi rasanya nggak mengecewakan. Ini pasti bakalan laris manis banget. Apalagi, anda bisa menjualnya di kelas kelas.

Baca Juga :  Cara Memasang Iklan di Tengah Postingan Blog

Salah satu makanan yang sampai saat ini rasanya nggak mengecewakan, disukai oleh berbagai kalangan, dan lagi viral adalah risol mayo. Ia kan?

Bahkan sekarang, cukup banyak loh siswa siswi SMA dan SMK yang membagikan kisah berjualan risol mereka di sekolah. Nah, anda bisa meniru gara mereka berjualan deh. Penasaran? Silahkan cari saja akun tiktoknya ya. 

Pulsa

Bisnis untuk pelajar SMK yang selanjutnya adalah pulsa. Yes, anak anak SMA pasti butuh pulsa kan? Dan modal utk melakukan bisnis ini tergolong nggak begitu besar. Yang penting, anda bisa mencari tempat yang menawarkan harga dengan harga terjangkau.

Sehingga anda bisa menentukan keuntungan yang mau didapatkan, tanpa harus menjual pulsa dengan harga yang sangat tinggi. Kebutuhan akan pulsa akan terus tinggi, baik dari dulu maupun beberapa tahun ke depan. Bahkan, bisnis ini masuk ke dalam salah satu bisnis yang tidak akan ada matinya.

Selain bisa menjualnya di sekolah, anda juga bisa berjualan pulsa di rumah kok. Menarik sekali bukan? So, cuma perlu menghemat dan menabung selama dua bulanan, anda sudah bisa mengumpulkan modal untuk berjualan pulsa. 

Dropshipper

Bisnis yang berikutnya adalah dropshipper. Untuk memulai bisnis satu ini memang agak susah ya. Adapun modal yang dibutuhkan hanya sebatas ponsel dan paket internet saja. Hanya dengan dua modal tersebut, anda sudah bisa berjualan.

Nah mungkin ada yang bertanya tanya nih, apa sih yang dimaksud dengan dropship itu sendiri? Jadi, dropshipper adalah sebuah istilah bisnis masa kini. Yang mana, bisnis ini memungkinkan setiap orang untuk berjualan tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu.

Gimana keren kan? Beda sekali dengan reseller. Nah, sebagaimana yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwasanya memulai bisnis ini memang agak susah. Tapi kalau sudah sampai pecah telor, anda akan merasakan bahagia yang luas biasa, dan bisa mengembangkannya dengan sangat mudah.

Baca Juga :  Manfaat Usaha Perdagangan

Dalam menjalankannya, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mencari niche atau bidang apa yang akan anda jual nantinya.

Apakah pakaian, makanan, alat rumah tangga, perlengkapan sekolah, atau yang lainnya. Kemudian, jangan lupa untuk melakukan promosi secara terus menerus. Karena ini yang bakalan membuat anda bisa menjangkau pembeli lebih banyak dan lebih cepat. 

Oke, mungkin itu dia beberapa ide bisnis untuk pelajar SMK yang bisa anda pertmbangkan. Setiap bisnis ada resikonya, dan untuk menjadi seorang pebisnis handal, anda meski siap dengan segala resiko yang ada. Karena seorang pebisnis dibentuk oleh kegagalan demi kegagalan yang pernah dilaluinya.

Karena berbisnis, akan membuat anda tersadar bahwa nggak selamanya bisnis itu berjalan sesuai dengan rencana yang ada.